Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2004 untuk Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran.
Ada 18 kompetensi di dalam kurikulum itu:
- Bekerja sama dengan kolega dan pelanggan.
- Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja.
- Berkomunikasi melalui telepon.
- Menggunakan peralatan kantor.
- Merencanakan dan melakukan pertemuan.
- Melakukan prosedur administrasi.
- Mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja.
- Menjaga dan melindungi budaya kerja.
- Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen.
- Menangani surat masuk dan keluar.
- Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.
- Mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah.
- Menghasilkan dokumen sederhana.
- Menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen.
- Mengatur perjalanan bisnis.
- Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
- Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi.
- Memproses transaksi keuangan.
Berdasarkan 18 kompetensi kurikulum dan isi materi, bertujuan mempersiapkan tenaga lulusan yang sanggup dipekerjakan sebagai:
- Sekretaris, yaitu sekretaris organisasi atau sekretaris kantor, atau sekretaris perorangan pimpinan, atau sekretaris pribadi tokoh masyarakat;
- Manajer kantor, yaitu pimpinan sebuah kantor administrasi baik pemerintah maupun swasta, kantor lembaga pemerintah maupun kantor badan usaha swasta;
- Pegawai administrasi yaitu karyawan kantor yang menangani urusan administrasi perkantoran, baik pemerintah maupun swasta.
kurikulum ini membahas secara meluas materi-materi perkantoran yang berkaitan dengan pekerjaan tiga jenis profesi: sekretaris, manajer kantor, dan pegawai administrasi
Tags:
MPLB