Aplikasi Helpdesk Dapodikmen
merupakan subsistem pendataan data pokok pendidikan menengah untuk membantu
menangani kebutuhan pengguna/user terkait dengan pertanyaan, pelayanan, support
teknis, atau komplain terhadap produk aplikasi dapodikmen dengan memanfaatkan
suatu sistem/prosedur untuk memudahkan penelusuran terhadap tindakan
penyelesaian dari suatu masalah terkait implementasi pendataan Dapodikmen.
Aplikasi helpdesk
dapodikmen ini dikembangkan atas dasar prinsip untuk memberikan kemudahan komunikasi
antara operator dapodikmen di sekolah dengan petugas helpdesk dapodikmen di
pusat dalam rangka mengatasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan. Aplikasi
helpdesk dapodikmen diharapkan dapat menutupi kelemahan-kelemahan model
komunikasi yang selama ini digunakan. Berikut ini beberapa keunggulan yang
dimilkiki oleh Aplikasi Helpdesk Dapodikmen yaitu :
- Secara fisik aplikasi helpdesk dapodikmen dapat diakses secara online selama 24 jam per hari. Sehingga pengguna aplikasi Dapodikmen dapat setiap saat mencari informasi solusi terhadap permasalahan implementasi dapodikmen di lapanagan.
- Pengguna aplikasi dapodikmen dapat berkomunikasi dengan petugas helpdesk dapodikmen melalui topic yang terkategorisasi dengan rapih. Pesan teks yang dikirim oleh operator sekolah dapat dikombinasikan dengan pesan gambar maupun video.
- Bagi petugas helpdesk, aplikasi ini sangat membatu ketika harus mengkases server dapodikmen secara bersamaan. Aplikasi helpdesk dapodikmen dirancang agar petugas helpdesk dapat langsung mengakses ke server dapodikmen tanpa harus keluar aplikasi ketika petugas tersbeut memerlukan informasi terkait dengan data sekolah yang sudah dilayaninya.
- Aplikasi helpdesk dapodikmen ini dikembangkan dengan menggunakan Single Sign On (SSO). Artinya bahwa operator dapodikmen yang sudah terdaftar dalam aplikasi dapodikmen dan sistem PDSP dapat langsung mengakses aplikasi ini tanpa harus mendaftar ulang lagi.
Tags:
DAPODIK